Strategi Menggunakan Google AdWords


Strategi Menggunakan Google AdWords dalam ullasan ini cukup 7 saja, untuk memaksimalkan promosi iklan anda pada google adwords yang efisien dan efektif untuk mendapatkan penjualan yang telah anda rancang dengan baik itu, selain itu ikuti tips strategi berikut ini.
1. Gunakan Kata Kunci yang Tepat
Anda perlu ketahui bahwa Google AdWords adalah media pemasaran online yang menerapkan sistem PPC (Pay-per-Click) dan anda hanya membayar bila ada seseorang prospek yang mengklik iklan Google anda tanpa memperhitungkan berapa kali iklan anda ditayangkan di halaman hasil pencarian.
Kata kunci yang tepat untuk Google AdWords disini adlaah kata kunci dengan harga yang rendah tapi sering digunakan dalam mesin pencarian. Untuk menemukan kata kunci yang tepat, anda dapat menggunakan Google AdWords Keyword Suggestions Tool
2.  Gunakan Judul Iklan dan Deskripsi Iklan yang Paling Efektif untuk iklan Google AdWords
Sebenarnya, Google AdWords sudah memberikan informasi kepada anda tentang iklan mana yang paling sering diklik oleh prospek anda.
Ada 2 cara untuk menentukan judul dan deskripsi iklan Google AdWords yang paling efektif bagi anda. Pertama, pelajari iklan Google AdWords yang lain dalam memberikan judul dan deskripsi. Kedua, Judul dan deskripsi iklan Google AdWordsanda harus menyebutkan keuntungan (benefit) yang ditawarkan oleh produk maupun layanan anda.
3. Gunakan fitur ‘Keyword Matching’ untuk menargetkan iklan Google AdWords
Tidak seperti iklan PPC konvensional lainnya, peringkat pada iklan Google AdWordsditentukan dengan rumus : Cost-Per-Click (CPC) x Click-Through-Rate (CTR)
Fitur ‘Keyword Matching’ dapat membantu anda mendapatkan CTR lebih tinggi untuki klan Google anda dan memberikan peringkat yang lebih tinggi tanpa meningkatkan Cost-Per-Click (CPC) iklan anda. Anda dapat menemukan fitur ini di Google Analytics.
4.  Targetkan Iklan Google AdWords Anda untuk Wilayah dan Negara Tertentu
Bila anda mengharapkan pelanggan anda adalah mereka yang tinggal di Jakarta, mungkin anda ingin untuk memfokuskan iklan Google AdWords anda hanya untuk pelanggan yang tinggal di Jakarta. Strategi cara menggunakan Google AdWords ini juga membantu iklan anda mendapatkan tingkat Click-Through-Rate (CTR) yang lebih tinggi.
5  Maksimalkan kotak pendaftaran pada semua website yang anda promosikan
Strategi menggunakan Google AdWords seperti ini memungkinkan anda untuk membangun daftar subscriber dalam waktu yang sama. Taruh kotak pendaftaran untuk website anda di sidebar bagian atas website anda untuk meningkatkan subscriber sign-up rate.
6. Tambahkan Pop-up DHTML (Dynamic Hyper Text Markup Language) Pada Website Anda
Ini adalah rahasia yang Google tidak mau anda ketahui: Anda dapat menggunakan pop-up pada Landing Page anda (Halaman yang prospek anda lihat saat pertama kali mereka mengklik iklan Google AdWords anda) selama pop-up tersebut tidak membuat pengunjung membuka window yang baru.
Pop-up DHTML secara teknis bukanlah pop-up. Pop-up DHTML bisa dibilang adalah sebuah ‘floating menu’, yang dibuat untuk terlihat seperti pop-up. PopupMaster Pro adalah salah satu software pembuat pop-up terbaru yang ada. Menginstall DHTML pop-up pada website anda dapat meningkatkan penjualan dan subscriber website anda secara dramatis.
7. Pantau dan sesuaikan kampanye iklan Google AdWords
Anda akan dapat mengakses informasi bernilai dan mengetahui kata kunci mana yang ditampilkan paling banyak, kata kunci mana yang paling sering diklik prospek anda, dll. Anda perlu menggunakan informasi ini untuk menyesuaikan judul iklan, deskripsi iklan, dan Cost-Per-Click iklan anda guna memaksimalkan keefektifan kampanye iklan anda. semoga bermanfaat dan sukses.


ILUSTRASI Klik Adwords yang diperoleh  :

Pada minggu pertama,

Hasil = 1.000 klik per hari = 7.000 klik dalam seminggu

Seburuk buruknya nilai transaksi adalah 10% dari total jumlah klik

Kemudian jika keuntungan bersih penjualan per produk adalah Rp20.000,- (dua puluh ribu rupiah)

Maka 7.000 klik x 10% x Rp20.000,- = Rp 14.000.000,-

Pada minggu kedua,

Hasil = 2.000 klik per hari = 14.000 klik dalam seminggu

Seburuk buruknya nilai transaksi adalah 10% dari total jumlah klik

Kemudian jika keuntungan bersih penjualan per produk adalah Rp20.000,- (dua puluh ribu rupiah)

Maka 14.000 klik x 10% x Rp20.000,- = Rp 28.000.000,-

Ketrangan diatas >>misal kita  menganggarkan untuk AdWords Rp500.000,- per hari untuk sebuah produk bisnis onlinenya, untuk mencapai target 1.000 klik per hari.

total anggaran AdWords yang dibelanjakan selama 7 hari adalah Rp3.500.000,-.

Pada minggu pertama, dari anggaran iklan AdWords minggunan sebesar Rp3.500.000,-, didapat keuntungan bersih dari total transaksi selama seminggu yakni sebesar Rp14.000.000,-.

Pada minggu kedua  menargetkan untuk menaikkan jumlah klik dua kali lipat menjadi 2.000 klik per hari. Secara perhitungan matematis anggaran iklan akan naik menjadi dua kali lipat, yakni Rp1.000.000,- per hari. Atau Rp7.000.000,- untuk 7 hari.

Pada minggu kedua, didapat keuntungan bersih dari total transaksi selama seminggu  sebesar dua kali lipat dari minggu pertama = Rp28.000.000,-. profit bukan.

Tips tambahan:
1. Target lokasi dimana Anda akan mendapat banyak pelanggan potensial
2. Dana yang disiapkan untuk menjangkau pelanggan yang Anda targetkan
3. Fokus pada produk dan jasa yang akan Anda promosikan
4. Iklan harus menarik dan mempromosikan keunggulan barang Anda
5. Kata kunci yang relevan dan tertaut erat dengan iklan dan halaman tujuan Anda


Sumber arikel jasa adwords

Comments Feed For This Post